Oleh: pnpm2010 | Januari 27, 2010

Sasaran dan Pendanaan PNPM

Bareng-bareng
SASARAN PNPM-MP

1.         Lokasi Sasaran

Lokasi Sasaran PNPM Mandiri Perdesaan meliputi seluruh masyarakat perdesaan di Indonesia yang dalam pelaksanaannya dilakukan secara bertahap dan tidak termasuk kecamatan-kecamatan kategori kecamatan bermasalah dalam PPK / PNPM-MP

2.         Kelompok Sasaran

a.         Masyarakat Miskin di perdesaan

b.         Kelembagaan Masyarakat di perdesaan

c.         Kelembagaan pemerintah lokal

PENDANAAN

PNPM Mandiri Perdesaan merupakan program Pemerintah Pusat bersama Pemerintah Daerah, artinya program ini direncanakan, dilaksanakan, dan didanai bersama-sama berdasarkan persetujuan dan kemampuan yang dimiliki oleh pemerintah Pusat dan Daerah.

1.         Sumber dan Ketentuan Alokasi Dana BLM PNPM Mandiri Perdesaan

Sumber dana dari:

a.         Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)

b.         Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)

c.         Swadaya masyarakat

d.         Partisipasi Dunia Usaha

2.         Kriteria Alokasi

Alokasi dana BLM per kecamatan ditetapkan oleh pemerintah dengan mempertimbangkan jumlah dan distribusi penduduk serta jumlah orang miskin.

3.         Mekanisme Penyaluran Dana

Mekanisme pencairan dana BLM dari Kantor Pelayanan Pebendaharaan Negara (KPKN) atau Kas Daerah ke rekening kolektif bantuan PNPM (BPNPM) yang dikelola oleh UPK diatur  sebagai berikut :

a.         Pencairan dana yang berasal dari Pemerintah Pusat mengikuti ketentuan yang diatur dalam Peraturan Direktur Jendral Anggaran, Departemen Keuangan.

b.         Pencairan dana yang berasal dari Pemerintah Daerah, dilakukan melalui mekanisme APBD sesuai aturan yang berlaku di daerah.

c.         Pengajuan pencairan dana BLM ke KPPN diatur dalam peraturan Dirjen PMD, Depdagri.

d.         Penerbitan SPP harus dilampiri dengan berita acara hasil pemeriksaan terhadap kesiapan lapangan yang dilakukan fasilitator kecamatan.

e.         Dana yang berasal dari APBD harus disalurkan terlebih dahulu ke masyarakat, selanjutnya diikuti dengan pencairan dana yang berasal dari APBN.

f.          Besaran dana BLM dari APBD yang disalurkan ke masyarakat harus utuh tidak termasuk pajak, retribusi atau biaya lainnya.

4.         Mekanisme Penyaluran Dana

Penyaluran dana adalah proses penyaluran dari rekening kolektif BLM yang dikelola Unit Pengelola Kegiatan (UPK) kepada Tim Pengelola Kegiatan (TPK) di desa. Mekanisme pencairan dana sebagai berikut :

a.         Pembuatan Surat Perjanjian Pemberian Bantuan (SPPB) antara UPK dengan TPK

b.         TPK menyiapkan Rencana Penggunaan Dana (RPD) sesuai kebutuhan dilampiri dengan dokumen-dokunmen perencanaan kegiatan ( gambar desain, RAB, dan lampirannya )

c.         Untuk penyaluran berikutnya dilengkapi dengan Laporan Penggunaan Dana (LPD) sebelumnya dan dilengkapi dengan bukti-bukti yang sah.

5.         Dana Operasional UPK dan Pelaksana di desa

Dana operasional UPK sebesar maksimal 2% (dua persen) dari dana bantuan PNPM-MP yang dialokasikan di kecamatan tersebut. Dana operasional desa/TPK maksimal 3% (tiga persen) dari dana PNPM-MP yang dialokasikan sesuai hasil Musyawarah Antar Desa Penetapan Kegiatan menurut Surat Penetapan Camat (SPC) untuk desa yang bersangkutan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: